Pinterest Populer Di Kalangan Gen Z

By Al


nusakini.com - Pinterest melaporkan jumlah pengguna aktif bulanan tertinggi yang pernah ada di platform ini pada hari Senin, yaitu 482 juta pada kuartal ketiga. Layanan ini mengatakan bahwa pertumbuhan pengguna sebagian besar didorong oleh pengguna Gen Z yang merupakan pengguna dengan pertumbuhan tercepat dan paling aktif di platform ini.


Pengguna aktif bulanan Pinterest tumbuh lebih dari 7% untuk setiap kuartal pada tahun 2023, suasana hati dan visi Gen Z mungkin menjadi penyebabnya. Manajemen melihat "pasar produk yang kuat sesuai dengan Gen Z baru-baru ini, yang menyimpan konten 2x lebih banyak di tahun pertama mereka di Pinterest, dibandingkan dengan Gen yang lebih tua." Pada pada bulan September, Pinterest mengungkapkan bahwa Gen Z terdiri dari 42% penggunanya, dan menyebut demografi tersebut sebagai "pembangkit tenaga listrik yang sedang berkembang."


Saham Pinterest melonjak 17% pada hari Selasa setelah kinerja kuartalannya yang kuat, menurut Reuters. Jika Gen Z ada di platform ini, itu berarti para pengiklan juga ada di platform ini, dan hal ini membuat Wall Street bergairah. Fitur 'Shop The Look' dari Pinterest memungkinkan pengguna untuk menerima iklan produk gaya hidup yang sesuai dengan suasana papan Pinterest mereka. Sekitar 70% dari produk yang direkomendasikan di Pinterest sangat relevan menurut penilaian pengguna, yang menunjukkan perkembangan yang kuat dari produk iklan Pinterest.


Gen Z menggunakan Pinterest untuk mencari inspirasi mode, dan beberapa merek untuk memanfaatkannya. Pendiri label fesyen internet bernama Jaded London secara teratur memeriksa Pinterest untuk memprediksi tren untuk anak di bawah usia 25 tahun, menurut Vogue Business. Merek-merek mewah seperti Dior dan Louis Vuitton ada di platform ini, mencoba memanfaatkan keunikan Pinterest dalam pikiran kolektif Gen Z.


Beberapa platform berbasis iklan, seperti Meta dan Amazon, telah melaporkan pendapatan iklan digital yang sangat kuat pada kuartal ini, yang menunjukkan bahwa iklan telah kembali setelah kemerosotan akibat pandemi. Pinterest tampaknya yakin bahwa mereka dapat memanfaatkan tren industri ini dengan menargetkan pengguna Gen Z. Perusahaan ini meluncurkan Direct Links pada Q3, yang membawa pengguna langsung dari papan visi mereka ke situs web pengecer hanya dengan satu klik.


Pinterest sekarang mengatakan bahwa mereka akan meluncurkan lebih banyak alat untuk pengiklan pada tahun 2024, dan berpotensi menyertakan lebih banyak iklan di platform. Platform berbagi foto ini jelas 'keren' menurut standar Gen Z, tetapi kita akan lihat apakah Pinterest mendorong batas dengan mengkomoditaskan penggunanya dan membunuh suasana dengan iklan.